PEKANBARU – Berbagai cara dilakukan Pemerintah Kota (Pemko), melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dalam meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) sektor pajak, diantaranya menggandeng pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) dan Perbankan. 
 
 
 
Selain Kejari Pekanbaru dan Perbankan, yang terbaru, Bapenda Kota Pkanbaru menggandeng Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) untuk menggenjot PAD. 
 
Informasi ini disampaikan Plt Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil kepada wartawan  di Kantor Walikota Pekanbaru, Kamis (8/2/2018) malam.
 
“Kami diundang oleh KPK RI dalam rapat koordinasi (Rakor,red) terkait peningkatan pendapatan asli daerah (PAD,red). Kita diberi contoh, seperti DKI Jakarta. DKI Jakarta PAD nya meningka drastis. Salah satu faktor yang membuat PAD mereka meningkat, DKI Jakarta Bapenda nya menggandeng KPK RI. Ini dilakukan sebagai pendorong, agar para WP (Wajid Pajak,red) itu bisa taat membayar pajak,” ungkap Muhammad Jamil.
 
Dijelaskan Muhammad Jamil, peningkatan PAD sudah menjadi tanggungjawab bersama, khususnya instansi pemerintahan. “Artinya… ketika pajak itu belum tergarap, maka kita boleh minta bantu ke instansi berwenang lainnya. Maka itu, mereka menyarankan kita untuk menggandeng KPK RI atau lembaga lainnya ntuk meningkatkan PAD,” terangnya.
 
Diakui Plt Kepala Bapenda Kota Pekanbaru, Muhammad Jamil, 2017 pihaknya menggandeng Kejari Pekanbaru dalam peningkatan PAD. Ini ditandai dengan MoU yang ditandangani bersama pihak kejaksaan.
“Insha Allah saya akan rapatkan dengan pihak kejari, apa teknisnya untuk meningkatkan PAD. Saya juga sudah sampaikan kepada kawan di Bapenda, secepatnya dirumuskan dengan pihak yang suda bekerjasam, seperti BPKP dan perbankan. Kita berarap BPKP juga melakukan penghitungan pajak yang sudah ada. Artinya, kita tidak hanya menerima pajak yang disampaikan oleh WP saja, tapi kita harus verifikasi atau koreksi lagi, betul tidak apa yang disampaikan (laporan pajak,red) oleh WP. Kita sudah sosialisasi dengan WP, kami surati. Disitu kami sampaikan bahwa kami sudah bekerja sama dengan pihak kejari,” ucapnya. ***(banpeda)  
Previous post

PBB Dibawah Rp 100 Ribu Gratis

Next post

Tingkatkan Koordinasi, Bapenda Pekanbaru Kunjungi Kejari Pekanbaru

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *