Pekanbaru, 09-10-2017, 17.15 WIB

Guna mewujudkan visi walikota pekanbaru Dr. H. Firdaus, ST.MT, menjadikan pekanbaru sebagai “smart city yang madani” maka kita selaku Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berada dibawah naungan Pemko Pekanbaru dituntut untuk berperan aktif dan inovatif dalam mengsukseskannya. Terutama untuk Bapenda Kota Pekanbaru sebagai OPD yang bergerak menghimpun penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pajak dan retribusi untuk dapat mengoptimalkan perolehan PAD, baik pajak yang langsung ditarik melalui Bapenda sendiri maupun pajak yang memiliki keterkaitan dengan OPD lain.

Mengambil tempat di kantor PLN Area Pekanbaru, jumat, (06/10/2017) pukul 09.00 WIB diadakan rapat bersama Bapenda Kota Pekanbaru – PLN Area Pekanbaru dengan agenda pembahasan “peningkatan PAD Kota Pekanbaru”. Rapat kali ini tim Bapenda dipimpin langsung oleh Sekretaris Bapenda Kota Pekanbaru Drs. H. Syoffaizal, M.Si, didampingi Kabid Pajak Daerah Lainnya (PDL) Andri Yulius Hamidy, ST, M.Si, Kabid Penagihan Pajak Daerah Hj. Dahliani, SE, M.Si, Kasubid Pemeriksaan Pajak Daerah Adi Lesmana, S.Hut, Kasubid Penagihan Pajak Daerah Yarnengsih Alam, SE, M.Si, AK, serta Kasubid Reklame, Air tanah, Penerangan Jalan dan Mineral Logam Batuan Helda Syamsir, S.Sos, sementara pihak PLN area Pekanbaru di hadiri oleh Kemas Abdul Gafur selaku Manager PLN area Pekanbaru, didamping oleh Nofrizal Bakri, Caisar Purba dan Pariel Pelawi. Diketahui Bapenda Kota Pekanbaru – PLN Area Pekanbaru memiliki hubungan kerjasama dalam pengelolaan Pajak Penerangan Jalan (PPJ), dimana PPJ merupakan salah satu dari 11 pajak yang di kelola oleh Bapenda Kota Pekanbaru. Setelah melalui pembahasan diperoleh beberapa point kesimpulan, dengan kesimpulan dari rapat sebagai berikut :

  1. PLN meminta dukungan dari Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal :
  • Program nihil tunggakan agar tidak ada PPJ yang tertunggak setiap bulannya
  • Penggunaan Stasiun Penyedia Listrik (SPLU) pada area yang di gunakan untuk konsumsi publik
  • Menggalakkan penggunaan 100 % penggunaan listrik pintar (listrik prabayar) untuk masyarakat Pekanbaru
  • Usulan untuk mempersyaratkan lunas rekening listrik pada setiap pelayanan publik di Pekanbaru
  1. Bapenda mendukung penuh pada setiap program PLN Area Pekanbaru dan akan menindaklanjuti program tersebut dengan mendiskusikannya dengan walikota
  2. PLN menyediakan data tunggakan sebagai pertimbangan untuk mendukung program PLN sesuai point 1
  3. PLN mengirimkan data setoran PPJ (jumlah pelanggan, PPJ terbayar, PPJ tertunggak, dll) setiap bulannya dalam rangka pemenuhan syarat dari BPK kepada Bapenda

Dari kesimpulan point diatas, Bapenda – PLN akan mengadakan pertemuan kembali pada hari, Rabu (11/10/2017) bertempat di PLN Area Pekanbaru terkait membahas data yang dibutuhkan untuk point 3 dan 4.

Ditemui terpisah Kepala Bapenda Kota Pekanbaru Drs. H. Azharisman Rozie, M.Si berharap dengan adanya rapat koordinasi yang dilakukan Bapenda Kota Pekanbaru dengan PLN Area Pekanbaru akan bermuara dengan diperolehnya data jumlah pelanggan, PPJ terbayar, PPJ tertunggak, dll,“ dengan adanya data yang valid maka kita akan mudah untuk merekonsiliasi data dengan memperkirakan penerimaan yang akan diperoleh “ tutur Haris. ( Tim Humas )  

Previous post

MASYARAKAT ANTUSIAS, BAPENDA BUKA DIHARI LIBUR

Next post

BAPENDA RAPAT LANJUTAN DENGAN PLN BAHAS PPJ

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *