Pekanbaru, 30-08-2017, 17.25 WIB

Pemanfaatan Teknologi Informasi merupakan hal yang tidak bisa ditawar lagi untuk mewujudkan Smart Governance di Kota Pekanbaru. Era teknologi dengan internet sebagai media menggiring seluruh aktivitas yang serba online, yang memungkinkan seluruh aktivitas dapat dilakukan cukup dengan menggunakan smartphone saja. Hal yang sama juga menjadi concern Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. Terhitung sejak tanggal 28 November 2016 yang lalu Bapenda telah melakukan perubahan total dalam sistim pembayaran seluruh jenis pajak yang semula petugas Bapenda menerima pembayaran dari wajib pajak, diterapkan perubahan menjadi sistim pembayaran dilakukan langsung oleh wajib pajak di Bank yang telah bekerjasama dengan Bapenda Kota Pekanbaru,  atau yang dikenal dengan istilah cashless.

Tertarik untuk ikut berperan serta  sebagaimana sejawatnya terdahulu, giliran Bank Tabungan Negara (BTN) berkeinginan menjalin kerjasama dengan Bapenda dalam hal pembayaran pajak daerah secara  online.  Selasa lalu  Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru Drs. H. Azharisman Rozie, M.Si  menerima Branch Manager Bank BTN Pekanbaru  Kabul Budhi Setiawan bersama Cash Office Head BTN Pekanbaru ELMI di ruangan kerjanya.  Sementara itu Azharisman Rozie didampingi Sekretaris Badan Drs. H. Kendi Harahap, MT beserta staf.

Diawal pembicaraan Kabul Budhi Setiawan  menggambarkan profil Bank BTN secara umum, segmen nasabah dan memperkenalkan produk unggulan BTN.  Dalam pembicaraan selanjutnya secara gamblang  Kabul   menyampaikan keinginannya untuk turut mengambil  peran dan berpartisipasi dalam menunjang mewujudkan Kota Pekanbaru sebagai Smart City dengan menjadi mitra kerja  Bapenda sebagai tempat pembayaran pajak daerah. Dalam dialog yang hangat dan penuh suasana kekeluargaan tersebut juga disinggung tentang peranan para pengembang (developer) yang turut serta mengembangkan Kota Pekanbaru dengan membangun perumahan yang mungkin  memanfaatkan fasilitas kredit dari Bank BTN. Disebutkan bahwa pada saat terjadi  transaksi dengan pembeli tentu akan timbul kewajiban buyer  untuk melunasi BPHTB (Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan). BPHTB merupakan salah satu jenis pajak yang merupakan tupoksi Bapenda.  Segmen   ini sangat potensial untuk “digarap” oleh BTN sebutnya. Oleh karena itu  Kabul Budhi Setiawan berharap agar  apa yang menjadi obsesi pihaknya dapat menjadi kenyataan.

Sementara itu Kepala Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru Azharisman Rozie menyambut baik keinginan  Bank BTN untuk menjadi mitra kerja Bapenda. “Kami membuka diri kepada Bank mana saja yang berminat untuk menjalin kerja sama” sebutnya. Silahkan menyusul Bank Riau Kepri, Bank BNI dan Bank bjb yang telah terlebih dahulu mengadakan kerjasama dengan Bapenda. Menurut Haris semakin banyak Bank yang bekerjasama dengan Bapenda tentu semakin banyak pilihan bagi wajib pajak untuk bertransaksi pembayaran pajak. Semakin banyak pilihan Bank tentu akan semakin memberikan kemudahan bagi wajib pajak dalam menunaikan kewajiban membayar pajak. Hal ini juga diyakini akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan yang diperoleh wajib pajak, karena masing-masing Bank pasti akan berkompetisi dalam menggaet  nasabahnya dengan alternatif pelayanan yang disediakan ujarnya.

Menyinggung keinginan Bank BTN yang ingin menjadi bahagian dalam  mewujudkan Pekanbaru sebagai Smart City disebutkan Haris bahwa ini sudah sejalan dengan apa yang menjadi program Badan Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru. Haris  menyebutkan bahwa pilar yang menjadi penopang terwujudnya “Smart City” diantaranya Smart Government dan Smart People. Untuk mewujudkan hal ini pemerintah harus melakukan edukasi kepada masyarakat secara terus menerus, tidak terkecuali dari pihak perBankan agar ikut serta melakukan edukasi, sehingga warga kota Pekanbaru menjadi bank minded dan  bertransformasi menjadi  smart people yang dilayani oleh Smart Government tutup Haris. (Tim Humas).  

Previous post

HARIS : “85 M ESTIMASI HASIL BULAN RESTORAN” *

Next post

HARIS : QURBAN, IBADAH “LOYALITAS”

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *