PEKANBARU– Pekan depan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru akan memasang alat perekam pajak atau Tapping Box. Pemasangan alat perekan ini dijadwalkan pada hari Selasa pekan depan disalah satu hotel di Pekanbaru.

 

Sebelumnya, pihak Bapenda mengirimkan surat ke 30 Hotel dan Restoran untuk dipasang tapping box. Namun dari 30 wajib pajak tersebut sejauh ini baru satu yang sudah mengkonfirmasi kesediaannya untuk dipasat alat perekam transaksi di tempat usahanya.

 

“Setelah kita kirim surat pemberitahuan, kapan wajib pajak ini siap, setelah surat itu kita sampaikan, ternyata baru satu yang bersedia, hari Selasa besok kita pasang yang pertama,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pendapatan Lainya, Bapenda Kota Pekanbaru, Adi Lesmana, Kamis (19/7/2018).

Pekan Depan Bapenda Mulai Pasang Alat Perekam Transaksi di Hotel, Ini Tujuannya

 

Seperti diketahui, sebanyak 30 alat perekam transaksi atau tapping box akan dipasang di sejumlah hotel, restoran, tempat hiburan dan parkir.

Tapping box ini sengaja dipasangan untuk merekam transaksi di sejumlah objek pajak yang selama ini mereka laporkan sendiri atau sistem self assessment.

Pihak Bapenda sudah melakukan sosialisasi pemasangan alat perekaman transaksi pada objek pajak hotel, restoran, tempat hiburan dan parkir kepada 50 Wajib Pajak (WP) di kota Pekanbaru.

Dengan pemasangan tapping box tersebut pihaknya optimis bisa meningkatkan transparansi, akuntabilitas dan data yang valid dari seluruh wajib pajak.

Sebab selama ini mereka melaporkan sendiri pajaknya, sehingga dibutuhkan alat yang mendukung untuk pelaporan pajak.

“Ini upaya kita untuk mengoptimalisasi pendapatan asli daerah,” katanya. (Bapenda)

Previous post

Banggar DPRD Kampar 'Belajar' Ke Bapenda Pekanbaru Cara Tingkatkan PAD Sektor Pajak

Next post

Bapenda Buka Layanan Keliling di Pemukiman Warga

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *