Kunjungan Bapenda ke Kantor BPN Pekanbaru

Sen, 12 Dec 2022
1321

Kunjungan Kepala Bapenda ke BPN

Pekanbaru - Kepala Badan Pendapatan Daerah kota Pekanbaru, Alek Kurniawan, SP, M.Si melakukan kunjungan ke Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Pekanbaru. Rombongan Bapenda terdiri dari Kaban Akur (Akur sebutan yang sering disematkan belakangan kepada eks. Kadis Ketapang ini) didampingi Kepala Bidang Pajak Daerah I, Kepala Bidang P3D dan tim lainnya yang disambut langsung Kepala BPN Pekanbaru Memby U. Pratama di ruang kerjanya di Jl. Nagasakti Kec. Binawidya, Pekanbaru pada Senin (12/12/2022).


Kunjungan kerja ini dalam rangka optimalisasi penguatan kerjasama antara kedua belah pihak yang sudah terjalin sebelumnya. Sebagaimana diketahui bahwa salah satu program strategis nasional yang masuk dalam Program Prioritas, demi  terdaftarnya seluruh bidang tanah adalah Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh Badan Pertanahan Nasional. Program ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah tanah terdaftar secara signifikan sehingga memberi manfaat untuk masyarakat. Disisi lain, Kegiatan PTSL juga berkontribusi bagi daerah dalam optimalisasi pajak daerah terutama sektor Pajak Bumi dan Bangunan sektor Perkotaan & Pedesaan (PBB-P2) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah & Bangunan (BPHTB). Dua pajak daerah yang pengelolaannya menjadi kewenangan Kabupaten/Kota tersebut termasuk signifikan dalam penguatan Pendapatan Asli Daerah di sektor perpajakan. Sehingga pertemuan hari ini adalah dalam rangka sharing informasi untuk penguatan dan percepatan kinerja dari tusi masing-masing institusi (Bapenda dan BPN). Kepala BPN Pekanbaru, Memby U. Pratama menyambut baik kehadiran Kabapenda dan tim di kantor yang dipimpinnya.

"Terimakasih atas kunjungan Pak Alek dan tim di kantor kami, mudah-mudahan kerjasama yang sudah terjalin selama ini semakin solid dan berkontribusi positif bagi kedua belah pihak" ucap Memby.

Selain itu ia juga mengucapkan selamat atas amanah yang diemban Alek Kurniawan selaku Kabapenda Pekanbaru. Bagi Alek sendiri, ini adalah kunjungan pertama sejak ia dilantik selaku Kabapenda sejak 21 November 2022 lalu.

"Terimakasih juga atas sambutan dan perkenaan pak Kakan Memby menerima kami dan tim" sahut Alek.

Senada yang disampaikan BPN, Alek menyebut pertemuan yang ditaja siang ini pada prinsipnya adalah dalam rangka memperkuat kerjasama yang telah terjalin selama ini. Pun ia menyebut sudah dituangkan dalam dokumen Perjanjian Kerjasama (PKS) antara kedua belah pihak.

"Kita dukung penuh BPN untuk suksesi program PTSL di Kota Pekanbaru" tandas Akur.

Ia menyebut, Program PTSL sejalan dengan tusi Bapenda terutama dalam pemutakhiran pendataan bumi di Pekanbaru yang merupakan objek dari PBB itu sendiri. Bapenda dibawah kepemimpinannya akan terus berupaya memutakhirkan data bumi dan bangunan untuk optimalisasi PAD di sektor PBB dan BPHTB. Sehingga kerjasama yang terjalin bersifat simbiosis mutualisme dan merupakan penguatan dari tusi masing-masing OPD.

"Kami bawa langsung tim teknis kesini, Pak Memby. Sehingga kerjasama dalam pertukaran informasi ini berguna dan dapat dieksekusi di tingkat bawah" tambahnya.

Berbagai rekomendasi konstruktif muncul dari pertemuan kedua belah pihak siang ini. Keduanya bersepakat melakukan perbaikan dan optimalisasi penguatan kerjasama kedepannya. Diakhir kunjungan, Kepala BPN Pekanbaru mengajak tim Bapenda berkeliling melihat-lihat tenan layanan pertanahan dikantor tersebut yang menurut Kaban Akur sudah sangat representatif dan sejalan dengan konsep pelayanan pajak daerah di Bapenda sendiri.

Tim Humas Bapenda Kota Pekanbaru