Badan Pendapatan Daerah kota Pekanbaru Audiensi bersama Kantor Pertanahan kota Pekanbaru

Kam, 18 Jul 2024
448

Audiensi Badan Pendapatan Daerah kota Pekanbaru bersama Kantor Pertanahan kota Pekanbaru pada Kamis Sore (18/07/2024)

Pekanbaru - Kamis Sore, 18 Juli 2024 bertempat di Ruang Mediasi Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru, Jl Naga Sakti diadakan pertemuan antara Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru dan Kantor Pertanahan Kota Pekanbaru. Kegiatan ini ditaja atas permintaan audiensi oleh Bapenda pekanbaru yang dihadiri langsung oleh pimpinan dua instansi masing-masing yaitu Dr. Alek Kurniawan, M.Si selaku kepala Bapenda Pekanbaru dan Dr. Doni Syafrial, S.SiT, M.Si selaku Kepala Kantor Pertanahan Pekanbaru.

Pertemuan tersebut adalah dalam rangka sinergitas pemberlakuan Sertifikat Tanah Elektronik (STE) di wilayah kerja kota Pekanbaru dengan pendataan dan Pendaftaran PBB-P2 dan BPHTB yang dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah kota Pekanbaru.

Selain itu juga dibahas beberapa isu strategis yang terkait dengan layanan pertanahan antara lain PBB ,BPHTB serta rencana Integrasi Data Pertanahan dengan Data Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) dan Data Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan di Kota Pekanbaru.

“Tujuan besarnya adalah optimalisasi pemenuhan layanan publik yang berkaitan dengan Pajak Bumi dan Bangunan, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) serta Pajak Penghasilan (PPh) dalam rangka meningkatkan Pendapatan Asli Daerah dari sektor Pajak Daerah serta Penerimaan Negara” sebut Akur sapaan karib Dr. Alek Kurniawan, M.Si.

Pertemuan yang berlangsung hangat dan penuh rasa kekeluargaan ini diisi dengan diskusi dan rencana sinergi pembangunan data yang berkelanjutan antara kedua belah pihak.

Kabapenda Akur didampingi tim dari Bidang Pajak Daerah I, nampak hadir mendampinginya Kepala Sub Bidang Pendataan dan Pendaftaran Pajak Daerah I Fauzan Effendi.AM, SE, M.Ak serta Kepala Sub Bidang Penetapan PBB dan Verifikasi BPHTB dan PPJ Indra Afriyanto, S.Si beserta pejabat fungsional di Lingkungan Bidang Pajak Daerah I lainnya. 

“Dalam upaya penguatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor PBB dan BPHTB, Bapenda bakal menguatkan lagi kolaborasi dengan BPN Kota Pekanbaru” tegas Akur lagi

Sebagaimana diketahui bahwa Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) telah meresmikan Implementasi Layanan Elektronik di Kantor Pertanahan (Kantah) Kota Pekanbaru pada Jumat (31/05/2024) yang lalu. 

“Atas hal tersebut, butuh beberapa penyesuaian layanan publik dalam pendaftaran PBB dan BPHTB di Pekanbaru, sehingganya audiensi dipandang perlu dilaksanakan” tutup Akur.

Tim Humas Bapenda Kota Pekanbaru