Bapenda Hadirkan Program Penghapusan Denda Pajak Daerah Bersempena Hari Jadi Pekanbaru ke-240

Min, 02 Jun 2024 11:50 WIB
1843

Bapenda Pekanbaru Luncurkan Program Penghapusan Denda Pajak Daerah Bersempena Hari Jadi Pekanbaru ke 240, Terhitung Mulai Tanggal 1 Juni s.d 31 Agustus 2024. Waktu terbatas, Buruan Lunasi Tunggakan Pajak Daerahnya!!!!

Pekanbaru - Pemerintah kota Pekanbaru melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kembali menghadirkan program Pemutihan Denda Pajak Daerah, yang berlaku mulai 1 Juni sampai 31 Agustus 2024.

Kepala Bapenda Pekanbaru Dr. Alek Kurniawan, SP, M.Si menyebut Program ini sebagai upaya untuk mengoptimalisasi pajak daerah sekaligus memberi kemudahan kepada masyarakat dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pekanbaru ke-240.

“Kami mengajak masyarakat untuk memanfaatkan program ini sebaik mungkin. Dari hasil pantauan kami selama ini, program ini dapat menyentuh kesadaran masyarakat untuk membayarkan kewajiban perpajakanya”. Ucap Akur, sapaan Karib Alek Kurniawan ditemui saat pagelaran Lapak Darling di Kawasan CFD yang juga ikut mendampingi Pj. Wali Kota Risnandar Mahiwa, S.STP, M.Si dalam giat “Launcing Logo Hari Jadi Pekanbaru ke-240” pada Minggu pagi (02/06/2024) bertempat di Lapangan Mal Pelayanan Publik Pekanbaru

Akur menambahkan bahwa sesuai arahan dari Pj. Wali Kota Pekanbaru, program ini juga dalam rangka meringankan beban pajak masyarakat dan harapannya program ini dapat menertibkan wajib pajak yang menunggak pembayaran pajak daerahnya.

“Pemutihan denda pajak selalu menjadi program yang ditunggu oleh masyarakat”, lanjutnya. 

Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) tuturnya memang terus berupaya memberikan kemudahan kepada warga dalam pengurusan dan pembayaran pajak daerah yang menjadi kewenangan mereka. 

“Makanya setiap pekan kita hadir disini, membaur bersama masyarakat lewat Layanan Pajak Daerah Keliling alias Lapak Darling ini” cetusnya

Disini masyarakat, ungkap Akur dapat melakukan pendaftaran, pembayaran serta konsultasi terkait Pajak Daerah yang dikelola Badan Pendapatan Daerah kota Pekanbaru; PBJT yang terdiri atas Objek Jasa Perhotelan - Makanan/ Minuman – Tenaga Listrik - Jasa Parkir & Kesenian Hiburan, PBB-P2, BPHTB, Pajak Sarang Burung Walet, Pajak Air Tanah, Pajak MBLB, dan Pajak Reklame.

Kemudahan berurusan wajib pajak daerah di Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Pekanbaru, tegasnya, merupakan salah satu komitmen yang terus dibangun Perangkat Daerah yang beralamat di Jl. Teratai No. 81 ini. Selanjutnya Akur juga terus mendorong timnya agar massif mensosialisasikan program penghapusan denda ini kepada masyarakat.

Juni sebutnya, menjadi bulan spesial khusunya untuk masyarakat Kota Pekanbaru, karena berbagai Program yang diluncurkan oleh Pemerintah Kota Pekanbaru bisa dirasakan masyarakat, salah satunya Program Penghapusan Denda Pajak Daerah. 

“Mulai hari ini, Minggu Pagi Pengunjung sudah bisa bayar pajak daerah tanpa dikenai denda” tegas Akur.

Hal ini direspon positif oleh salah seorang pengunjung yang tak mau disebutkan namanya di stand lapak darling. Ibu-ibu ini merasa senang dengan adanya program penghapusan denda dari Pj. Wali Kota Pekanbaru ini, dia bersemangat dan menyebut akan melunasi tunggakan pajaknya terutama PBB-P2 yang masih tertunggak beberapa tahun ke belakang.

“Kami warga pekanbaru merasa senang dengan adanya program penghapusan denda pajak daerah, sehingga bisa mengurangi beban masyarakat, kami mau menjadi warga negara yang baik dan akan melunasi kewajiban PBB kami” tukasnya

 

Highlight Giat Launcing Logo Hari Jadi yang dirangkai dengan Jalan Santai dan Pencabutan Doorprize

Tak berselang lama, antusias masyarakat tak terbendung, terlebih ketika Penjabat Wali Kota Pekanbaru menyerahkan doorprize (hadiah langsung) berupa sepeda motor listrik dari Bapenda Pekanbaru kepada salah satu peserta yang beruntung dalam gerak jalan santai sekaligus Pembagian Bendera Merah Putih tersebut. 

Tampak hadir mendampingi Pj Wako Risnandar Mahiwa, S.STP, M.Si, Ketua DPRD Pekanbaru melalui Wakilnya Ginda Burnama, ST, Kapolresta Pekanbaru melalui Kabag SDM Iptu Jhon Hendri, SH, MH, Dandim 0301 Pekanbaru melalui Danramil Sukajadi Kapt. Inf. M. Fadil, Sekretaris Daerah Pekanbaru Indra Pomi Nasution ST, M.Si, Kabapenda Alek Kurniawan beserta seluruh Pejabat Tinggi Pratama, Camat dan Lurah di lingkungan Pemko Pekanbaru. Selain diikuti oleh ASN di Lingkungan Pemerintah kota Pekanbaru, kegiatan ini juga diserbut oleh seluruh masyarakat kota bertuah yang sedang melaksanakan kegiatan di Kawasan Car Free Day Jl. Sudirman. 

Rangkaian gerak jalan santai/ Funwalk berjalan semarak dan suskes dengan rute; start Lapangan MPP – Jalan Sudirman – U Turn RRI – Jalan Sudirman – U Turn Fly Over Sudirman/ Tambusai – Lapangan MPP (Finish).

Tak sampai disitu, kegiatan dilanjutkan dengan Senam Zumba Bersama, Laporan Kegiatan oleh ketua Panitia, Launcing Logo Hari Jadi Pekanbaru ke 240 yang mengangkat tema “Keberagaman Membangun Negeri”. 

Dalam sambutannya Pj. Wali Kota Pekanbaru yang juga Direktur Organisasi Kemasyarakatan Ditjen Politik dan  Pemerintahan Umum Kemendagri Risnandar Mahiwa, S.STP, M.Si menyampaikan bahwa Peluncuran logo dan tema menjadi pembuka sejumlah rangkaian kegiatan, dan tidak hanya menjadi simbol perayaan tetapi juga merefleksikan keinginan bersama untuk mewujudkan Pekanbaru yang lebih baik dimasa yang akan datang. Ia menjemput massif partisipasi masyarakat, karena partisipasi aktif masyarakat adalah kunci keberhasilan pembangunan.

Lebih lanjut Risnandar menjelaskan logo Hari Jadi yang mengusung tema "Keberagaman Membangun Negeri". 

Hal ini sebutnya, bermakna dan merepresentasikan bahwa “Semangat Nasionalisme masyarakat Kota Pekanbaru yang beragam suku, adat, etnis, budaya, agama dan kepercayaan dalam menjalani kehidupan masyarakat yang solid dan bergotong-royong, sehingga menciptakan kenyamanan dan keamanan untuk mewujudkan Pembangunan yang berdaya saing tinggi”

Dalam pesan-nya, Risnandar menjemput partisipasi semua pihak untuk saling bekerjasama untuk kemajuan kota Pekanbaru.

“Kita harus mampu mengekspresikan semangat kebersamaan dan bersinergi, tidak sebatas sesama aparatur saja tetapi juga bersama seluruh lapisan masyarakat yang ada di Kota Pekanbaru”, terang Risnandar 

Bukan tanpa sebab, sebutnya, karena keutuhan dan kekompakan sangat diperlukan dalam menjalankan setiap langkah pembangunan. Melalui makna yang terkandung dalam Tema “Hari Jadi Pekanbaru” tersebut, Ia berharap dapat menambah kepercayaan diri kita semua, sehingga bisa terus bersama untuk melangkah membawa Kota Pekanbaru lebih baik kedepannya.

Kegiatan diakhiri pembacaan undian dan penyerahan doorprize kepada masyarakat.

Tim Humas Bapenda Kota Pekanbaru