Bayar PBB 2023 dan Nihil Tunggakan, “R” Warga Labuh Baru Timur dihadiahi Perjalanan Umrah dalam Gebyar Undian PBB Pekanbaru Tahun 2023

Sel, 14 Nov 2023 19:23 WIB
884

Pemenang Hadiah Utama Perjalanan Umrah ke Tanah Suci dalam Gebyar Undian PBB Berhadiah Kota Pekanbaru tahun 2023

Pekanbaru - Gebyar Undian PBB-P2 Berhadiah Kota Pekanbaru yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Pekanbaru pada Selasa (14/11) siang berlangsung sukses dan meriah. Tak tanggung – tanggung, hadiah utama yang disediakan adalah perjalanan Umrah ke tanah suci dan 3 unit sepeda motor. Tak sampai disitu, selain itu juga terdapat berbagai hadiah pendukung menarik lainnya yaitu 3 (tiga) unit Smartphone, 1 (satu) unit Mesin Cuci ,1 (satu) unit Sepeda, 1 (satu) unit Televisi, 1 (satu) unit Lemari Es, 5 (lima) unit Dispenser, 5 (lima) unit Blender, 5 (lima) unit Kompor Gas dan 5 (lima) unit Rice Cooker.

Adapun yang berhak dan berkesempatan untuk mendapatkan undian berhadiah ini adalah Wajib Pajak PBB yang telah membayarkan PBB tahun 2023 pada periode 1 januari s.d 30 september 2023 dengan ketentuan tidak ada tunggakan PBB di tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dibacakan oleh Raja Ronald Armis, Penyidik Pegawai Negeri Sipil Bidang Undian Dinas Sosial Provinsi Riau dalam ketentuan penarikan gebyar undian berhadiah  PBB-P2 kota Pekanbaru tahun 2023.

Ia juga berdalih bahwa undian yang telah dilaksanakan dinilai fair dan lolos uji coba. Adapun pengundian dilakukan secara digital dan transparan karena ditayangkan secara langsung lewat monitor badrob panggung, yang mana alat pengundi sebelumnya telah disegel oleh pihak Dinas Sosial Provinsi Riau, dan baru dioperasikan saat pengundian. Bagi NOP yang terundi dan dinyatakan sebagai pemenang, juga ikut disaksikan oleh para saksi dari perwakilan pihak kepolisian, pihak Dinas Sosial Provinsi Riau, Notaris dan perwakilan ASN di lingkungan Bapenda dan untuk selanjutnya disahkan oleh pihak Notaris.

Lewat tangan dingin Sekda kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasuiton, ST, M.Si, keluar undian pemenang utama berupa Perjalanan Ibadah Umrah ke tanah suci yaitu Rusdi yang merupakan warga Jl. Padang Bolak Kel. Labuh Baru Timur, Kec. Payung Sekaki, sedangkan yang beruntung mendapatkan 3 unit sepeda motor hasil undian dari Kepala BPN Kota Pekanbaru Doni Syafrial, S.SiT., M.Si dan Ketua DPRD Kota Pekanbaru M. Sabarudi,ST, masing-masing pemenangnya adalah SUGENG SANTOSO yang merupakan warga Kel. Sidomulyo Barat Kec. Tuah Madani; ROSIDA MULJADI warga Kel. Sukajadi dan DHARMAWAN SALIM warga Kel. Tampan Kec. Payung Sekaki. Secara lengkap, informasi pemenang akan dituangkan dalam laman website bapenda.pekanbaru.go.id yang merupakan website resmi dari Badan Pendapatan Daerah kota Pekanbaru.

Pj. Wali Kota Pekanbaru Muflihun,S.STP, M.AP yang dalam acara ini diwakili oleh Sekretaris Daerah kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, ST, M.Si yang saat itu berkesempatan membuka acara mengungkapkan acara gebyar undian PBB-P2, selain merupakan reward (hadiah) kepada wajib pajak PBB yang taat dan patuh dalam pembayaran pajaknya, juga sebagai media strategis untuk mengajak seluruh khalayak untuk dapat menunaikan kewajiban perpajakannya kepada pemerintah secara tertib dan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Tak sampai disitu, eks. Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru ini menggaris bawahi, kepada para aparatur sipil negara agar mampu menjadi teladan di lingkungannya masing-masing dalam pembayaran PBB. 

“Jadi kami harapkan kepada para kepala OPD untuk melakukan pengecekan kepada seluruh ASN dijajarannya, untuk memastikan telah membayar PBB  yang menjadi kewajibannya. Jika masih ada ASN yang belum bayar pajak, hari ini agar dipastikan ASN tersebut melunasinya, karena pembayaran pajak tidak lagi susah, cukup selesai di ujung jari lewat smart phone masing-masing” ungkap Indra. 

Di sisi lain, Indra juga mengapresiasi tingginya partisipasi masyarakat yang secara bersama-sama dengan Pemerintah telah membangun Kota Pekanbaru melalui pembayaran pajaknya. Salah satunya terlihat dalam penerimaan pajak yang meningkat dari tahun ke tahun. Disebutkan Indra, atas hal tersebut, Pemko pekanbaru dibawah kepemimpinan Pj. Wali Kota Muflihun, S.STP, M.AP dianugerahi sebagai jajaran peringkat terbaik dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tertinggi tahun anggaran 2022 yang telah diterima penghargaannya dalam APBD Award 2023 dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada 16 maret 2023 yang lalu. 

“Untuk itu kegiatan Gebyar Undian PBB berhadiah dirasa selaras dalam rangka pemberian reward Pemerintah kepada masyarakat atas ketaatan membayar pajak PBB-P2” imbuhnya.

Lebih lanjut dalam laporan Kepala Bapenda Pekanbaru, Alek Kurniawan, SP, M.Si, bahkan menyebut bahwa s.d 31 Oktober 2023, PBB telah terealisasi pada angka Rp 145 milyar atau surplus lebih kurang 16 milyar bila dibandingkan pada tanggal yang sama tahun 2022 yang lalu, artinya realisasi PBB ini tumbuh sekitar 12 %.

“Insya allah ini menjadi modal bagus kedepannya agar APBD Pekanbaru menjadi makin sehat, dengan PAD yang lebih baik, tentu akan mempercepat terwujudnya 7 program prioritas pj. Wali kota Pekanbaru” Ungkap Akur sapaan karib Kaban Alek Kurniawan dalam sesi Laporannya di Giat Gebyar Undian PBB 2023 tersebut.

Di kesempatan yang berbahagia tersebut, turut diberikan reward berupa insentif kepada Camat dan Lurah se-kota Pekanbaru atas kinerja mereka dalam pemungutan PBB di wilayah kerjanya masing-masing. Akur menyebut, dasar penyalurannya  adalah berdasarkan realiasi PBB-P2 s.d triwulan III yang merupakan batas akhir jatuh tempo pembayaran PBB di kota pekanbaru pada 30 september 2023. 

“Di tingkat kecamatan, Nilai tertinggi realisasi PBB adalah di kecamatan Marpoyan Damai dan untuk realisasi tertinggi tingkat kelurahan ada di kelurahan Maharatu” jelas eks. Kadis Ketapang Pekanbaru ini. 

Adapun perwakilan penerima reward dari tingkat kecamatan adalah Fauzan, S.STP, M.Si yang merupakan Camat Marpoyan Damai dan Perwakilan Lurah adalah Lurah Maharatu Joko Arif Santoso, S.STP.

“Buah Duku di Pohon Kaktus//Burung Merpati Makan Jagung Rebus//Agar Pembangunan Jalan Terus//Bayar Pajaknya Jangan Terputus" pungkas Akur mengakhiri laporannya.

Tim Humas Bapenda Kota Pekanbaru