Cek Disiplin Pegawai dan Sapras Pendukung, Kabapenda Pekanbaru Sidak ke UPT Pendapatan II
Pekanbaru – Kegiatan inspeksi mendadak (sidak) merupakan salah satu tools sebagai bagian dari komitmen pemerintah untuk memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat, kebersihan, dan kenyamanan di lingkungan pemerintahan setempat tetap terjaga dengan baik.
Hal tersebut terpantau ketika Kepala Bapenda Pekanbaru Dr. Alek Kurniawan, M.Si melakukan inspeksi mendadak (sidak) dan monitoring pelayanan publik di bidang perpajakan daerah ke kantor UPT Pendapatan II Bapenda di Rumbai, Kamis siang (03/10/2024).
“Ini merupakan upaya untuk melihat konsistensi fiskus di Bapenda dalam melayani publik, khususnya di wilayah kerja UPT Pendapatan II yang mencakup wilayah kerja di Kec. Rumbai, Rumbai Barat dan Rumbai Timur” ucap Akur, sapaan karib Alek Kurniawan yang turut didampingi sekretarisnya Basri, S.Sos dan Kepala UPT Pendapatan II Hendri Saputra, S.Sos, M.Si.
Akur menambahkan, sidak ini juga merupakan pengejawantahan komitmen dari Pj Wako Risnandar Mahiwa agar layanan publik yang digawangi ASN Bapenda terus membaik menuju layanan prima.
“Pelayanan secara umum sudah berjalan baik, namun masih ada sebagian kecil pegawai masih tidak masuk terutama THL dan ini akan kita evaluasi” tegasnya
Sidak ini dalihnya juga untuk memastikan kondisi sarana prasarana dalam mendukung pelayanan yang dilakukan personil Bapenda di UPT Pendapatan II.
“Untuk sarana prasana memang masih banyak yang kurang misalnya peralatan kantor yang sudah rusak karena faktor umur ekonomis serta WC yang kurang baik” sebutnya
Hal ini terang Akur terjadi karena Kantor UPT Pendapatan II masih berstatus “menumpang” yang mana secara administrasi Gedung masih tercatat sebagai Aset Kantor Kecamatan, sehingga Bapenda tidak bisa menganggarkan kegiatan Pemeliharaan terhadap aset tersebut.
“Kita berharap kedepan pihak kecamatan dapat melakukan pemeliharaan secara utuh terhadap bangunan kantor sehingga pelayanan bisa lebih ditingkatkan dan pada akhirnya meningkatkan animo masyarakat dalam membayar pajak sehingga meningkatkan PAD” tambahnya
Selain meninjau kondisi fisik kantor dan kebersihan lingkungan, Akur juga berinteraksi dengan para pegawai untuk mendengarkan langsung masukan dan kendala yang mereka hadapi dalam menjalankan tugasnya. Ia juga memberikan arahan dan motivasi kepada seluruh pegawai agar terus meningkatkan profesionalisme serta memperbaiki layanan kepada masyarakat.
“Kami ingin memastikan bahwa setiap layanan yang diberikan didukung sapras yang memadai sehingga memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat dalam mengakses layanan publik” pungkasnya.
Tim Humas Bapenda Kota Pekanbaru