BAPENDA NGEBAKSO BARENG IPPAT DAN BPN

Sel, 15 Oct 2024
98

Bapenda Berpartisipasi dalam acara Ngebakso IPPAT Pekanbaru pada Selasa Sore (15/10/2024)

Pekanbaru - Bapenda Pekanbaru berpartisipasi dalam NGEBAhas Ketentuan peraturan& SOsialisasi yang selanjutnya disingkat keren menjadi Ngebakso. Ngebakso merupakan kegiatan yang ditaja oleh Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) Pengurus Daerah Kota Pekanbaru pada Selasa Sore (15/10/2024) di Ballroom Hotel Pangeran Jl. Jenderal Sudirman Pekanbaru. Kegiatan yang berisikan sosialisasi penerapan peraturan, update sistem, mengupas  kendala dan solusi dalam kelancaran pelayanan tugas Pejabat Pembuat Akta Tanah kepada masyarakat.

Giat ini langsung dihadiri Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Pekanbaru Dr. Alek Kurniawan, M.Si, didampingi Kepala Bidang Pajak Daerah I  melalui Kepala Sub Bidang Pendataan dan Pendaftaran PD I Fauzan Effendi.AM, SE, M.Ak dan Indra Afrianto, S.Si selaku Kasubid Penetapan dan Verifikasi PD I. Selain dari Bapenda, kegiatan tersebut juga dihadiri langsung Kepala Kantor Pertanahan Pekanbaru dan tim. 

Dalam orasinya Kabapenda Alek menyampaikan apresiasi atas ditajanya giat tersebut oleh IPPAT Pekanbaru.

Lebih lanjut Akur membeberkan bahwa peran dan fungsi dari rekan-rekan PPAT sebagai pejabat yang berperan dalam pembuatan akta tanah membantu proses peralihan hak, memiliki posisi strategis bagi Bapenda karena objek tersebut merupakan salah dua objek pendapatan daerah pada sub sektor BPHTB dan PBB-P2. 

“Peran rekan-rekan PPAT sangatlah strategis bagi Bapenda, makanya berbagai input dan saran membangun untuk percepatan optimalisasi pajak Khusunya di sub BPHTB sangat kami butuhkan, terlebih hari ini juga menghadirkan BPN, sehingga sinergitasnya lebih komprehensif lagi” Ucap Akur

Hal tersebut menuai tanggapan positif dari mitra di IPPAT serta mengusulkan beberapa rekomendasi-rekomendasi konstruktif kepada Bapenda terkait percepatan-percepatan dimaksud. Beberapa rekomendasi dimaksud diantaranya percepatan Validasi BPHTB, fasilitasi prosesnya secara online dan sinergitas dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat selaku wajib pajak tentang tatacara yang efektif dan efisien sesuai regulasi yang ada di kota Pekanbaru. Hal ini diungkapkan rekan-rekan yang tergabung dalam IPPAT dibawah ketua Ivo Fidriyanti.

Dalam acara yang sama, Ivo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Bapenda  dan BPN Pekanbaru beserta jajaran yang telah berkenan hadir dan berpartisipasi dalam giat ‘Ngebakso’ yang ditajanya bersama IPPAT Pekanbaru.

Acara yang diikuti oleh puluhan anggota IPPAT berlangsung hangat, akrab dan antusias, terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan kepada Kabapenda dalam diskusi tersebut. Acara berakhir sekitar pukul 17.00 WIB, ditutup dengan makan bakso bersama dan sesi foto penutup.

Tim Humas Bapenda Kota Pekanbaru