Hadir di Pusat Keramaian, Bapenda Istiqomah Berikan Kemudahan dan Kemurahan Layanan Pajak Daerah
Pekanbaru – Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) terus berupaya memberikan kemudahan kepada warga dalam pengurusan dan pembayaran pajak daerah yang menjadi kewenangan mereka. Adapun jenis pajak daerah yang dikelola oleh Pemko Pekanbaru yaitu PBB, BPHTB, Pajak Hotel, Pajak Restoran, Pajak Reklame, Air Tanah, Penerangan Jalan, Parkir, MBLB, Sarang Burung Walet dan Pajak Hiburan. Diantara kemudahan yang ditawarkan adalah dengan menambah titik-titik pelayanan pajak daerah di pusat-pusat keramaian yang dilabeli Bapenda dengan istilah “Gerai Layanan Pajak Daerah kota Pekanbaru”.
Kepala Badan Pendapatan Daerah kota Pekanbaru, Alek Kurniawan, SP, M.Si mengatakan, Gerai Layanan Pajak Daerah ini hasil Kerjasama antara Bapenda Pekanbaru dengan Bank BJB yang beroperasi dari Senin s.d Jumat mulai tanggal 26 s.d 30 Desember 2022 di beberapa titik keramaian yang menjadi pusat kunjungan masyarakat. Kabapenda menjelaskan, penambahan gerai ini sebagai langkah perluasan pelayanan serta upaya peningkatan kemudahan bagi warga Pekanbaru dalam pelayanan pajak daerah.
“Kita buka gerai layanan pajak daerah di tempat-tempat keramaian, dalam rangka memberikan kemudahan kepada warga yang ingin berurusan pajak daerah” kata Akur, sebutan viral Alek Kurniawan baru-baru ini, pada Rabu (28/12) di ruang kerjanya Jl. Teratai No. 81 Sukajadi.
Menurut Kaban Akur, disadari atau tidak, peran pajak sangat besar dalam membantu merealisasikan program pemerintah, tak terkecuali untuk pembangunan di kota bertuah ini. Makanya, ia dan tim bapenda berkomitmen secara berkelanjutan untuk optimal dalam peningkatan PAD pada sektor Pajak Daerah. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada pihak Bank BJB dan rekan-rekan di UPT masing-masing wilayah yang turut serta dalam memfasilitas penerimaan pembayaran di lokasi – lokasi dibukanya Gerai Layanan tersebut. Menurutnya sangat selaras dengan konsep EID (Ekstensifikasi, Intensifikasi dan Digitalisasi) yang diusungnya dalam membangun budaya organisasi Bapenda yang lebih baik lagi. Muara akhirnya sebagai upaya untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di sektor Pajak Daerah yang mengedepankan “Kemudahan dan Kemurahanan Layanan” kepada Masyarakat Pekanbaru.
“Meski kita buka gerai di luar kantor, Pelayanan Pajak Daerah masih dapat dinikmati masyarakat dan tetap optimal di kantor Bapenda serta UPT yang tersebar di wilayah kerja masing-masing” tandasnya.
Daftar waktu dan tempat 5 gerai yang dibuka tersebut adalah:
- Mal SKA pada Senin (26 Desember 2022), Jam Operasional 10.00 – 15.00 WIB dengan penanggungjawab kegiatan oleh UPT V;
- Pasar Rumbai Jl. Sekolah pada Selasa (27 Desember 2022), Jam Operasional 09.00 – 15.00 WIB, penanggungjawab kegiatan oleh UPT II
- Pasar Limapuluh pada Rabu (28 Desember 2022), jam operasional 09.00 – 15.00 WIB, penanggungjawab kegiatan oleh UPT I;
- Central Plaza Jl. Ahmad Yani/ Seberang Pasar Kodim pada Kamis (29 Desember 2022), Jam operasional 09.00 – 15.00 WIB, Penanggungjawab kegiatan oleh UPT IV; dan
- Perumahan Utama Permai Jl. Tengku Bay pada Jumat (30 Desember 2022), Penanggungjawab kegiatan oleh UPT III.
Untuk itulah Eks. Kadis Ketapang ini meminta kepada kawan-kawan dari UPT untuk optimal dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
"Harapan kita, penerimaan pajak ke depannya dapat cepat terpenuhi sebelum tutup tahun 2022 dan tidak tertunda di akhir tahun. Disinilah salah satu letak pentingnya gerai pajak ini, untuk ikut juga sosialisasi di pusat-pusat keramaian tadi" ujarnya.
Secara utuh untuk optimalisasi pajak daerah, Akur mengklaim pihaknya telah memetakan upaya optimalisasinya lewat intensifikasi, ekstensifikasi dan digitalisasi, yang diterjemahkan dalam 4 langkah besar yaitu: Pendataan ulang dan upgrade database perpajakan, pengembangan teknologi informasi yang memadai, penguatan kualitas SDM di Bapenda dan Penguatan inovasi, regulasi & Kerjasama. Semua diharapkan ujarnya, berujung kepada kemudahan dan kemurahan layanan pajak daerah di bumi smartcity madani ini.
“Kita telah petakan 4 langkah utama lewat upgrade database, penguatan teknologi informasi, kualitas SDM, optimalisasi inovasi, regulasi dan Kerjasama. Kita singkat upaya tersebut dengan istilah Intensifikasi, Ekstensifikasi dan Digitalisasi Pajak Daerah” ujarnya dalam pernyataaan yang dikutip beberapa waktu lalu.
Sementara itu, Sekretaris Bapenda, Ade Rinaldi, SE mengatakan capaian pajak daerah sejauh ini telah ditunjang dengan optimalisasi layanan kepada para wajib pajak (WP). Selain itu, pihaknya turut memfasilitasi Wajib Pajak dengan pelaporan pajak online dalam aplikasi "smart tax pekanbaru".
"Kemudahan transaksi pembayaran pajak online ini yang terus kita dorong, kita sosialisasikan kepada masyarakat karena kita sudah memiliki banyak alternatif kanal pembayaran plus pelaporan via genggaman tanpa harus datang ke kantor lagi" tegasnya
Ade meyakini angka realisasi pajak akan bertumbuh ke arah yang positif lagi mengingat masih adanya program stimulus penghapusan denda pajak menjelang berakhirnya tahun 2022 ini. Bahkan dia telah meminta timnya agar tetap fokus pantau realisasi sampai tutup tahun.
"Kami perintahkan anggota untuk tetap optimalkan segala sumberdaya untuk menggenjot pajak terutama dengan memanfaatkan program pemutihan denda pajak di pekanbaru" ujar Ade yang juga eks. Kepala retribusi, PADL dan Dana Bagi Hasil Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Riau ini.
Sejak dilantik beberapa waktu yang lalu, memang duet Kabapenda Alek dan Sesban Ade ‘istiqomah’ berikan kemudahan dan kemurahan layanan pajak daerah yang berujung pada efektivitas dan efisiensi. Hal ini menurut mereka merupakan titah utama dari Bapak Pj. Walikota Muflihun untuk menyediakan kebutuhan dasar dan hak-hak sipil masyarakat terhadap layanan publik di bidang perpajakan agar memperoleh pelayanan ideal sebagaimana mestinya. Berbagai percepatan digesa Bapenda untuk perwujudannya. Berikut diantara testimoni masyarakat dikutip kru Bapenda News dari perangkat seluler salah seorang petugas layanan Bapenda;
“Saya baru dari Bapenda, bg urus terbit PBB baru. Tadi udah di-sms selesai. Cepat di Bapenda pku ni, bagus pelayanan nya. Hehe” tulis salah seorang Wajib Pajak yang mengirimi pesan tersebut ke salah satu pegawai di Bapenda.
Tim Humas Bapenda Kota Pekanbaru