Pekanbaru Tax Award 2023 Berjalan Meriah, Sejumlah Wajib Pajak Sabet Penghargaan dari Pj. Wali Kota Pekanbaru

Kam, 23 Nov 2023 19:25 WIB
1080

Kemeriahan Pekanbaru Tax Award 2023 pada Kamis siang (23/11) bertempat di Hotel Pangeran Pekanbaru

Pekanbaru - Pekanbaru Tax Award 2023 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) kota Pekanbaru pada Kamis (23/11) siang berlangsung sukses dan meriah. 

Tercatat ada 35 Wajib Pajak yang menerima Tax Award tahun 2023 yang terbagi kedalam 12 Kategori penghargaan yaitu kategori pajak hotel bintang 4, pajak hotel bintang 3, kategori pajak hotel bintang 2, pajak hiburan objek bioskop, pajak hiburan objek ketangkasan, pajak parkir, pajak air bawah tanah, pajak restoran, pajak reklame, pajak penerangan jalan, BPHTB perorangan dan badan, kategori Pajak Bumi & Bangunan Perdessaan dan Perkotaan (PBB-P2).

Bertempat di Ballroom Hotel Pangeran, kegiatan dibuka langsung oleh Pj. Wali Kota Pekanbaru dihadapan Forkopimda, Pelaku usaha dan masyarakat Pekanbaru selaku Wajib Pajak serta tamu undangan lainnya. Adapun yang menyabet ‘award’ adalah Wajib Pajak Daerah yang telah menyetorkan pajaknya tidak melewati batas jatuh tempo setiap bulannya pada tahun pajak 2023 serta merupakan penyumbang terbesar pajak selama periode Januari s.d Agustus 2023 untuk masing-masing kategori yang diberikan penghargaan.

Dalam sambutannya, Bang Uun sebutan karib dari Pj. Wali Kota Pekanbaru Muflihun, S.STP, M.AP menuturkan pembangunan kota bertuah merupakan rangkaian upaya yang berkesinambungan dan meliputi seluruh tata kehidupan masyarakat serta melibatkan partisipasi seluruh unsur termasuk pelaku usaha dan masyarakat Pekanbaru selaku wajib pajak daerah. Lebih lanjut ia berpesan bahwa pemberian apresiasi kepada pajak perorangan maupun dunia usaha diharapkan meningkatkan gairah pembayaran pajak daerah di kota bertuah. Hal tersebut menurutnya mampu mendorong kemandirian fiskal daerah dan kedaulatan ekonomi.

Ia juga berdalih bahwa penyelenggaraan Pekanbaru Tax Award harus lebih dari sekadar acara yang bersifat seremonial belaka, selain bentuk penghargaan pemerintah kepada Wajib Pajak yang taat dan patuh, juga sebagai media strategis untuk mengajak seluruh khalayak untuk berpartisipasi dalam pembangunan kota Pekanbaru lewat pemenuhan kewajiban perpajakannya.

“Kami ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan dalam Pekanbaru Tax Award tahun 2023. Semoga Allah SWT Tuhan yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan petunjuk, bimbingan, perlindungan dan kemudahan dalam setiap langkah dan upaya kita. Amiin”, tandas pj. Wali Kota Muflihun, S.STP, M.AP

Dalam laporan kepanitiaan oleh Kepala Bapenda Pekanbaru, Alek Kurniawan, SP, M.Si, menyebut pajak daerah telah berperan strategis dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) di kota Pekanbaru. Bahkan eks. Kepala Disketapang Pekanbaru ini menuturkan, pertumbuhan positif realisasi pajak daerah telah memberikan harapan positif untuk APBD Pekanbaru yang makin sehat kedepannya. Sebagai perbandingan years to years, per 22 november 2023, Akur menyebut realisasi pajak daerah mengalami kenaikan setara 11 % dari realiasi s.d  22 november 2022 lalu. Angka itu bergerak dari 642 miliar menjadi 712 miliar, atau setara naik 70 miliar-an.

“dengan PAD yang lebih baik, tentu akan mempercepat terwujudnya 7 program prioritas Bapak pj. Wali kota Pekanbaru” terang Akur, sebutan beken Kabapenda Pekanbaru tersebut.

Di kesempatan yang berbahagia itu, turut diberikan reward khusus oleh Pj. Wali Kota kepada Lurah Delima dan perangkat RW di lingkungan Kelurahan Delima atas kinerja mereka dalam pemungutan PBB-P2 dengan realiasi jumlah NOP terbanyak yang melakukan pembayaran PBB di kota Pekanbaru tahun 2023 ini.

Selain itu, juga diserahkan award kepada Mitra Bapenda dari Perbankan dalam penyediaan layanan pembayaran pajak daerah kepada Bank BRK Syariah, Bank BNI dan Bank BJB. Secara lengkap, Wajib Pajak penyabet Tax Award tahun 2023 adalah Hotel Novotel, Hotel The Premiere, Hotel Pangeran, Fox Harris Hotel, Hotel Furaya, Batiqa Hotel, Fave Hotel, Whiz Prime Hotel , Citismart Hotel, Cinema Ska XXI, Bioskop Cinemax , CGV Cinema, Funworld, Time Zone, Amazing Zone Games Center, PT. Angkasa Pura II (Persero)/ Bandara SSK II, PT. Citraciti Pacific [Mall Ska], PT. Summerville Indonesia, Mc Donald, Rumah Makan Pagi Sore, A&W Restoran Mall Ska, PT. Sumatera Satu Media, CV. Cahaya Advertising , CV. Graviz Cipta Rizky, PT. PLN (Persero) Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Pekanbaru, PT. Pertamina Hulu Rokan, Indomaret, PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, Living World, PT. Dianra Kartika Nasir/ Rs. Syafira, Marry, PT. Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk, PT. PLN Nusantara Power Unit Pembangkit Tenayan Raya dan Pt. Hutama Karya (Persero).

“Jalan-Jalan ke Kawasan Kudus,Berkeliling Menaiki Bus

"Tak Perlu Pinjam Dulu Seratus, Karena Bapak Walikota Banyak Berikan Stimulus”

tutup Akur mengakhiri laporannya

Tim Humas Bapenda Kota Pekanbaru